Wednesday, August 1, 2018

4 Dampak Menkonsumsi Kunyit Berlebihan

Kunyit telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia memiliki khasiat di bidang kesehatan maupun kecantikan. Biasanya kunyit digunakan untuk mengobati masalah pencernaan.

Zat aktif kurkumin yang menyebabkan warna kuning pada kunyit juga berperan sebagai antioksidan.

Namun dibalik manfaatnya yang beragam, kunyit juga memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut efek samping kunyit seperti dilansir dari halosehat.com (03/04/17).


1. Pendarahan

Diantara khasiat senyawa kurkumin dalam kunyit adalah mencegah penggumpalan darah. Peran trombosit sangat besar dalam penyembuhan luka. Apabila trombosit menggumpal maka otomatis proses penyembuhan luka juga akan terhambat. Itulah peran konsumsi kunyit. Namun jika kandungan kurkumin terlalu banyak dalam tubuh justru trombosit jadi tidak terkendali akhirnya bisa menimbulkan pendarahan akut.


2. Gangguan janin

Kunyit memang ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Diantaranya radang usus, asam lambung, mual, diare, dan lain-lain. Saking ampuhnya, kunyit bahkan dijuluki obat pencuci perut. Hal ini akan menimbulkan masalah ketika kunyit dikonsumsi ibu hamil. Meningkatnya metabolisme pada sistem pencernaan membuat kondisi bumil lemah dan mengganggu asupan nutrisi janin.


3. Keguguran

Kurkumin pada kunyit dapat menimbulkan reaksi keras pada lambung dan rahim. Karena itu sangat tidak dianjurkan ibu hamil mengonsumsinya. Baik dalam bentuk jamu maupun obat-obatan modern. Jika hal ini terus dilakukan bisa menimbulkan risiko keguguran pada saat usia kehamilan trimester pertama.


4. Infeksi kemih

Mungkin banyak yang tidak menduga bahwa kunyit jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan gangguan pada kemih maupun ginjal. Zat aktif pada kunyit saat tidak dibutuhkan dalam tubuh atau dalam kadar berlebihan akan tertimbun pada saluran kemih dan ginjal. Hal ini ditandai dengan warna kuning yang keluar bersama urine saat buang air kecil.


Itulah beberapa efek samping kunyit ketika dikonsumsi berlebihan atau dalam jangka waktu lama. Mudah-mudahan jadi perhatian kita semua.

4 Dampak Menkonsumsi Kunyit Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sehatar

1 comments:

  1. s1288poker merupakan media permainan betting online yang menyediakan ruang bagi para pecinta betting , disini anda bisa menjadi The House (Bandar) maupun Player. Dilengkapi dengan server berkecepatan tinggi, dan Fitur permainan modern yang akan membuat Anda lebih nyaman dalam bermain. Chips dapat diuangkan kapan saja, proses aman dan cepat ! (WA: 081910053031)

    ReplyDelete